CARA MENGHILANGKAN PENYAKIT BUBUL PADA KAKI AYAM BANGKOK


Penyakit bubul adalah penyakit yang terdapat pada ayam bangkok yang sering terjadi pada organ  tubuh ayam di bagian kaki atau telapak kaki. Penyakit bubul pada telapak kaki ayam disebabkan karena infeksi pada bagian kaki. Biasanya penyakit ini sering dijumpai pada ayam bangkok dan ayam petarung yang dilepas bebas, tidur batang pohon, alas kandang yang tajam, batu krikil atau tanah liat, luka saat nyeker atau saat mencari makan & lain-lain yg bisa menyebabkan luka di telapak kaki. Karena Penyakit Bubul sering terjadi pada ayam yang sudah berumur 5 bulan s/d 2,8 tahun ( tahap keganansan) karena di usia inilah ayam mudah terinfeksi bakteri dan jamur. Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit bubul pada ayam bangko peliharaan kita.

Cara 1. Mensterilkan luka dan diharapkan alas kandangnya yg empuk supaya luka tidak bertambah parah. Pengobatan tergantung seberapa parah tingkat luka pada ayam bangkok. Jika sudah lebar atau besar sangat sulit disembuhkan pada ayam tersebut, namun kalau masih kecil, kemungkinan masih bisa sembuh. Untuk tahap pertama, sembuhkan dulu bengkaknya pada kaki ayam tersebut degan memberikan balsem/hotcream setiap hari. Setelah bengkaknya mengecil, luka bubul pada kaki ayam bisa disembuhkan degan obat kutil & ditutup plester/kain dengan rapat. Jangan sekali kali mencabut lukanya yang kering karena justru akan menimbulkan luka baru.

https://bangkoklampung.blogspot.com/

Cara 2. Jika bubul pada ayam sudah tua/bengkak besar & keras ambil besi kurang lebihnya sebesar pena/logam yg seukuran dengan mata bubul yg mengeras pada kaki ayam, bakar besi tersebut sampai benar-benar panas kemudian tempelkan hanya pada mata bubul yang keras tersebut, hati-hati jangan sampai terkena kulit ayam sekitarnya, biarkan sesaat sampai panas merasuk pada kaki ayam dihentakkan saat ayam merasa kepanasan, ulangi sampai 4 - 5 kali pada ayam tersebut kemudian ayam dilepas biar jalan-jalan, lakukan hal tersebut selama 1 minggu. Biasanya dalam 1 minggu mata bubul menjadi mati & bengkak juga mengecil.

Demikian artikel tentang mengatasi/menghilangkan penyakit bubul pada ayam kesayangan kita, semoga artikel ini bisa membantu rekan-rekan pecinta ayam bangkok, dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel yang lainnya sekilah tentang ayam bangkok.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MENGHILANGKAN PENYAKIT BUBUL PADA KAKI AYAM BANGKOK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel