PERSILANGAN AYAM BANGKOK, VIETNAM/SAIGON & BIRMA


Di dalam melakukan persilangan ayam aduan, kita perlu mengetahui bahwa tujuan apa yg akan kita hasilkan nantinya, ayam yg memiliki keutamaan dalam hal apa, misal pukulan, teknik, ketahanan, atau yg lain-lain. Seperti manusia, pasti ada yang mempunyai gen terkuat dan gen terlemah. Di dunia ayam juga seperti itu, urutan gen pada ayam mulai yg terkuat hingga terlemah iyalah ayam saigon/vietnam (terkuat), bangkok, birma dan terakhir ayam kampung (ayam asli indonesia). Untuk ayam kampung tidak dibahas disini ya sobat, kita akan membahas 3 ayam aduan yaitu vietnam, bangkok & birma. Degan berbagai dasar urutan gen ayam tersebut, maka kita bisa mulai untuk melakukan persilangan ayam aduan kita dengan tujuan iyalah:

https://bangkoklampung.blogspot.com/#

 
Ayam yg tahan pukulan terhadap musuh iyalah ayam seperti ini biasanya hasil persilangan antara ayam saigon dengan ayam bangkok. Anak ayam nantinya akan mempunyai sifat saigon yg dominan, dia akan mempunyai pukulan yg keras dan tahan pukul, namun teknik bertarungnya masih di bawah rata-rata ayam bangkok (induknya). Untuk mendapatkan bibit ayam aduan yg tekniknya mendekati ayam saigon, maka hasil anak ayam tersebut harus disilangkan lagi dgn ayam bangkok (bisa juga induknya), sehingga ayam tersebut masih mempunyai pukulan yg keras & tahan pukul, teknik bertarungnya akan mendekati teknik bertarung ayam bangkok, misalnya ngalung/ngunci dan bongkar.

Ayam berpukul keras dan tempel pukul terhadap lawan merupakan persilangan Antara ayam saigon dengan ayam birma. Hasil anaknya nanti akan mempunyai pukulan keras dan temple pukul, namun sifat pukulan nyawatnya akan berkurang atau hilang. Untuk mendapatkan sifat pukulan nyawat, sangat susah sekali karena jauhnya gen birma dan saigon. Namun sang anak akan mempunyai sifat tempel pukul (pukulan cepat) karena masih ada gen ayam birma yg mempunyai ciri selalu memukul walau tanpa mematok lawan. Jadi bila kita menginginkan ayam yang masih punya pukul nyawat namun dgn postur tubuh yg masih besar, paling tidak harus kita silangkan ayam birma dgn ayam bangkok, yg nantinya sifat pukulan nyawat masih ada sedikit. Untuk mendapatkan keturunan yg masih mempunyai banyak pukulan nyawat, maka hasil silangan bangkok dgn birma tadi kita kawinkan lagi dgn ayam persilangan birma atau induk birmanya.

Belum pernah ditemukan di lingkungan saya, ayam silangan saigon dengan birma yg mempunyai pukulan nyawat/cepat. Hal tersebut dikarenakan gen saigon yg lebih kuat sehingga bila ingin mendapatkan ayam Saigon/gundul (walau ada juga saigon yg bulu babon) yg mempunyai pukul nyawat karena sangat sulit & memakan waktu lama.

Apabila para botoh ayam yang sudah pernah menyilangkan Antara Saigon dan birma dengan hasil yang memuaskan, tentunya bisa saling berbagi trik atau ilmunya bagi para pemula seperi kami. Demikian beberapa Tips mengenai cara menyilangkan ayam bangkok, vietnam/saigon & birma dari saya cobalah untuk di terapkan bagi para pemula, semoga dapat memberikan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk di share ya supaya lebih banyak lagi para pemuda untuk betrnak ayam aduan, Terima kasih sudah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PERSILANGAN AYAM BANGKOK, VIETNAM/SAIGON & BIRMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel