JENIS WARNA ULES AYAM LAGA


Berikut ini saya akan membahas tentang jenis-jenis warna bulu ayam laga yang ada di dunia. Sebagai penggemar/peternak ayam laga tentunya pasti kita akan memiliki ayam dengan warna kesukaan kita masing-masing. Bahkan ada juga hobinya hanya mau memelihara ayam dengan warna tertentu saja. Langsung di pembahasan saja ya, saya akan memberikan gambar (dari mbah google) agar lebih mudah dipahami oleh pemula seperti saya, mulai dari :

  • Ules Ayam Wiring Kuning

Warna bulu terdiri atas warna dasar hitam, bulu rawis di leher dan pinggang bewarna kuning keemasan. Paruh, kaki, kuku, jalu/taji dan mata bewarna kuning. Bila semua kriteria di atas lengkap, maka disebut "Wiring Kuning Tembus".

  • Ules Ayam Wiring Galih

Warna bulu terdiri atas warna dasar hitam. Bulu rawis di leher dan pinggang bewarna kemerahan. Paruh, kaki, kuku, jalu/taji dan mata bewarna kehitaman atau malah hitam. Bila semua kriteria diatas lengkap, maka disebut "Ules Galih Tembus"

  •  Ules Ayam Wangkas

Ayam wangkas memiliki warna dasar bulu yang sama dengan warna rawis. Jika bulu cenderung bewarna kuning, maka disebut "Wangkas Kuning" Jika bulu cenderung bewarna gelap kemerahan, maka disebut "Wangkas Geni" Jika bulu cenderung bewarna kuning kecoklatan, maka disebut "Ules Sapi".


  •  Ules Ayam Klawu

Ayam klawu memiliki warna dasar Abu-abu, jika bulu rawis bewarna gelap atau kehitaman maka disebut "Klawu Kethek", Jika bulu rawis bewarna kuning kemerahan maka disebut "Klawu Geni", Jika bulu rawis bewarna Kelabu / Klawu secara keseluruhan, maka disebut "Ules Klawu".

  • Ules Ayam Blorok

Ayam jenis ini memiliki warna dasar tutul hitan putih. Jika bulu ayam memiliki warna kombinasi hitam, putih dan merah, dan jika bulu sekilas nampak kehijauan, maka disebut "Blorok Madu"

  • Ules Ayam Hitam

Ayam memiliki warna dasar hitam, begitu juga dengan rawis di leher dan pinggang juga bewarna hitam. Jika kaki, kuku, jalu/taji dan mata juga bewarna hitam, maka disebut "Ules Bulu Jragem Tembus"


  • Ules Ayam Jalak Wido 

Ayam memiliki warna dasar hitam. Bulu rawis di leher dan pinggang bewarna putih, ada juga rawis di leher dan pinggang bewarna putih kekuningan, putih kehitaman, atau putih ke abu-abuan. Jika kuku, kaki, jalu/taji, paruh, dan mata bewarna putih, bisa dikatakan ayam jalak/wido Istimewa.



Sebetulnya masih banyak tentang keunikan-keunikan tentang ayam laga ini, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pemula serta menambah wawasan kita sebagai sesama penghobi ayam. Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JENIS WARNA ULES AYAM LAGA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel