JENIS AYAM BANGKOK PALING POPULER


Ayam bangkok paling populer sebagai ayam aduan iyalah ayam bangkok untuk yg pertama dan kemudian ayam birma, ayam vietnam biasa dikenal dengan sebutan saigon, dan ayam Thailand bangkok f1. Faktanya ayam birma yg baru belakangan ini meluap di Indonesia masih lebih kecil  dibandingkan ayam thailand dan ayam vietnam yg sudah jauh lebih duluan.

Demikian juga dengan ayam thailand, yg kadang tersamarkan oleh bentuknya yg mirip dengan ayam bangkok, sehingga banyak ayam thailand asli turunan misal bangkok f1-f berikutnya diakui sebagai ayam bangkok. Berikut ini ada empat ayam bangkok yang di kenal secara dunia yaitu:
 
Ayam bangkok paling popular Ayam bangkok dari dulu hingga sekarang ini masih menempati posisi tertinggi paling digemari di Indonesia. Semua kalangan rata-rata beternak dan memainkan ayam bangkok ini. Ayam bangkok sebenarnya iyalah ayam thailand yg menyebar ke wilayah asia dan termasuk Negri subur ini ke 16-17. Di Indonesia ayam tersebut sering disebut ayam bangkok (nama ibu kota thailand), sedangkan ditempat lain seperti jepang menyebutnya ayam siam, karena itu hampir dalam semua kriteria ayam bangkok umumnya dibawah ayam thailand, baik dari segi postur tubuh, tulang, teknik, kelincahan, mental dan ukuran.

Tetapi ayam bangkok tersedia banyak dan melimpah untuk dipilih, dengan harga yg lebih murah dibandingkan ayam thailand.
Dari sekian banyak jumlah dan pilihan ayam bangkok, jika pintar dalam memilih ayam bangkok maka dapat diperoleh ayam bangkok yg super. Ayam bangkok super ini bisa seimbang dengan ayam Thailand, kadang bisa mengalahkan ayam thailand. Ayam bangkok super kadang diperoleh dengan upgrade melalui kawin silang dengan ayam vietnam atau dengan ayam thailand.  Kawin silang ayam bangkok dengan ayam thailand dan vietnam sudah dilakukan oleh sebagian peternak ayam sejak 1 - 2 dasawarsa lalu. 
 
Ayam Thailand paling popular Ayam thailand iyalah "kembaran asli" dari ayam bangkok. Bentuknya secara umum sangat mirip dengan ayam bangkok. Hanya saja ayam Thailand umumnya memiliki postur tubuh yg lebih padat dan keras, tulang yg lebih besar, badan lebih panjang, ukuran badan umumnya satu tingkat lebih besar dari ayam bangkok, dengan teknik dan kelincahan yg lebih bagus. Tapi terkadang melihat pertumbuhan ayam. 

Disamping itu ayam Thailand juga punya mental yg pantang menyerah saat bertarung, yg melebihi ayam bangkok. Ayam bangkok thailand merupakan ayam yang ideal untuk ayam aduan dibandingkan dengan ayam bangkok, ayam vietnam dan ayam birma. Ini karena ayam Thailand memiliki kelengkapan ciri yg lebih lengkap mulai dari fisik, tulang, teknik, pukulan, kecerdasan dan mental yg semuanya tergolong bagus.
 
Ayam Vietnam, atau ayam saigon merupakan ayam yg sudah populer di Indoensia sejak 1 - 2 dasawarsa  yg lalu. Ayam Vietnam juga sudah populer lama di Thailand, dan mungkin bisa jadi Thailand yg mengangkat dan menjadikan ayam Vietnam ini pupuler. Keunggulan ayam Vietnam iyalah pada rangka tubuh yg tebal dan kuat, tulang yg besar dan kokoh, tetapi ayam ini memiliki kelemahan yaitu gerakan lambat dan kurang cepat. Mental ayam saigon Vietnam ini juga bagus sama dengan ayam Thailand yg pantang menyerah saat bertarung atau di atas karpet. 

Dukungan tubuh dan tulang yg tebal dan kuat membuat ayam ini lebih kebal tahan pukul dan memiliki pukulan kuat dibandingkan ayam aduan jenis lainnya. Di Thailand, ayam Vietnam ini menurun pamornya dan tertutupi oleh ayam birma yg sedang naik daun..Tetapi tetap saja ayam Vietnam dijadikan indukan untuk kawin silang dengan ayam birma dan ayam brazil, atau dengan ayam Thailand itu sendiri. Di Indonesia pun demikian, ayam Vietnam dijadikan indukan untuk kawin silang dengan ayam bangkok untuk mendapatkan ayam bangkok upgrade agar tulang ayam bangkok lebih bagus, mental meningkat dan pukulan kuat.
 
Ayam Birma paling popular Ayam birma atau ayam burma iyalah ayam aduan yg baru populer beberapa tahun belakangan ini. Ayam ini menjadi populer karena dapat mengimbangi dan kadang mengalahkan ayam Thailand khusus untuk ukuran yg kecil.  Ukuran ayam birma asli tergolong kecil 2 - 2.5 kg dan bertulang kecil, tetapi memiliki kecerdasan dan kelicikan melebihi ayam Thailand. Disamping itu ayam birma juga ayam yg bermental pantang menyerah seperti ayam Thailand dan ayam saigon.  Di Thailand menyebut ayam birma dengan istilah ayam burma, ayam yg cerdas, atau ayam licik dan genius. Ayam birma ini berpeluang besar memenangkan laga, tetapi taktiknya yg licik seperti menghindar, lari dan mutar, atret mundur, anti kunci, tidak otomatis disukai oleh penggemar ayam aduan seperti saya. 


Taktiknya yg selalu menjauh dan tidak mau bertarung berhadapan rasanya kurang menarik dilihat. Ini sangat terlihat ketika ayam birma melawan ayam bangkok atau ayam Thailand model kontrol dan kunci, yg tekniknya bertolak belakang. Ayam yg kontrol atau ngunci tampak seperti ayam baru belajar dan kesal tidak bisa mengendalikan ayam birma, sehingga ayam birma leluasa memainkan tekniknya dan memukul tanpa mematuk.

Ayam birma yg masuk ke Indonesia melalui Thailand tampaknya sudah merupakan ayam birma upgrade dengan ayam Thailand atau ayam saigon Vietnam. Bentuk fisiknya sudah lumayan besar mendekati 3 kg, bulu sudah tampak menarik, tampilan sudah mendekati ayam bangkok dan makin menjauh dari tampilan ayam birma asli yg lebih mirip dengan ayam kampung.

Mungkin tak cukup panjang lebar, menurut saya pertimbangkan minat anda untuk penggemar ayam aduan begitu istimewa jenis keempat ayam di atas. Sudah dulu ya terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa di share ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JENIS AYAM BANGKOK PALING POPULER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel