PERSIAPAN AYAM BANGKOK SEBELUM TURUN GLANGGANG


Untuk persiapan yang dilakukan sebelum di adu atau di abar adlah hal yg sangat penting yg harus dilakukan, banyak faktor-faktor pendukung untuk mendapatkan sebuah kemenangan di saat ayam kita turun di arena yg sebenarnya.

Ada banyak ayam aduan yg memang sudah mempunyai garis keturunan dengan mental juara, selain itu juga di dukung oleh tulangan-tulangan yg kasar/panjang dengan pola teknik yg susah di pukul dan juga rajin pukul. Namun hal ini tidak bisa di jadikan patokan untuk sebuah kemenangan bila mana kita sudah berada di sebuah arena, karena menurut saya ayam yg sudah siap di bawa ke arena iyalah ayam yg sudah benar-benar siap dari segi mental dan juga fisik yg kuat.

Faktor – faktor yg berkontribusi untuk sebuah kemenangan iyalah sebagai berikut :
         Ayam benar-benar dalam kondisi sehat.
         Pola rawatan yg sangat baik.
         Tulangan bagus (biasanya kita percaya diri dengan tadah pukulannya).
         Teknik/pola bertarung ayam sangat baik (susah di pukul).
         Rajin pukul.
         Keturunan yg jelas dan menangan.
         Mental yg kuat (tidak cengeng).

Dalam sesi ini saya mencoba menuliskan sebuah pengalaman-pengalaman tentang merawat ayam sebelum turun kesebuah arena, pengalam ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman sendiri dan juga ilmu yg saya dapatkan dari para senior2/botoh di dunia perAyaman. 

Persiapan ini saya buat dengan asumsi ayam muda yg sudah menjalani abar sampai 2x/3x
1.        Abar ke 1 = 10 menit, dengan masa istirahat 2 minggu (bungkus jalu);
2.        Abar ke 2 = 15 menit; dengan masa istirahat 2 minggu (bungkus jalu);
3.        Abar ke 3 = 2x 15 menit ; dengan masa istirahat 2 minggu (bungkus jalu);

 Ayam Bangkok Lampung

note : masa istirahat tergantung dari parahnya ayam tersebut setelah di abar bisa lebih cepat atau lama

Setelah menjalani istirahat selesai abaran ke 3 saya mencoba menuliskan cara merawat ayam untuk di turunkan ke ajang sesungguhnya

Hari Ke 1

1.        Pastikan ayam sehat.
2.        Pagi hari ayam di berikan latihan fisik dengan cara di pale atau kiter
       Dalam melakukan fisik pale menurut saya ayam jangan terlalu di porsir, lakukan hingga + 10 menit.
       Dalam melakukan fisik kiter, sebelumnya siapkan kurungan double, ayam yg akan di siapkan berada di luar kurungan sedangkan yg di dalam kurungan iyalah ayam untulan, hal ini sangat baik untuk pembentukan otot kaki dan pernafasan. Lakukan sampai ayam merasa lelah + 10 menit.
3.     Istirahatkan ayam + 5 menit lalu korok/bersihkan tenggorokan ayam dan mandikan agar merasa segar lalu jemur ayam tersebut sampai bulu di rasa kering (menurut saya jangan sampai terlalu sama sampai ayam mabok).
4.     Masukan ayam ke dalam kandang umbaran agar ayam bebas bergerak dan juga melakukan kipu untuk melancarkan peredaran darah dan tidak membuat ayam jadi bantet.
5.       Menjelang sore ayam di kliter lagi dan jangan terlalu lama.
6.       Menjelang malam biasanya saya memberikan Kapsul vit B dan masukan ayam ke dalam kandang agar istirahat.

Hari Ke 2

1.        Cek kondisi keseluruhan ayam pastikan ayam sehat.
2.      Pada pagi hari ayam berikan sarapan telor matang (klo saya biasa berikan telor puyuh 1 butir + super power sebagai vit dan mineral)
3.        Lakukan sama dengan H - 1 dan lakukan peningkatan durasi waktu tetapi jangan terlalu banyak.
4.        Menjelang sore ayam saya berikan gula merah, lalu masukan ke kandang untuk istirahat.

Hari Ke 3

1.        Cek kondisi keseluruhan ayam pastikan ayam sehat.
2.        Pada pagi hari saya memberikan irisan tomat 1 buah dengan melolokan langsung kepada ayam.
3.        Lakukan sama pada dengan H-2 dengan penambahan durasi waktu (tetapi jagan terlalu di porsir)
4.      Menjelang sore biasanya saya memberikan kamplang dan vit B lalu istirahatkan ayam di dalam kandang.

Hari Ke 4

1.       Cek kondisi keseluruhan ayam pastikan ayam sehat.
2.       Pada pagi hari ayam berikan sarapan telor matang (biasanya saya memberikan telor puyuh 1 butir + super power sebagai vit dan mineral)
3.     Lakukan abar angin/bungkus patok dan jalu. Sampai 10 – 15 menit ( di menit terakhir sebelum selesai buka bungkus patok, agar tidak merasa penasaran.
4.       Bersihkan dan mandikan ayam agar lebih segar dan jemur sampai bulu agak kering.
5.       Setelah kering letakkan di kandang umbaran.
6.    Menjelang malam saya biasanya memberikan telor bebek/kampong campur dengan madu + pil kita.

Hari Ke 5 dan 6

1.        Mandikan ayam dipagi hari dan jemur, lalu masukan ke kandang umbaran.
2.        Menjelang siang masukan ke kandang.
3.        Sore hari ayam di umbar lagi sebentar.

Hari Ke 7

1.        Ayam di box sampai sore hari.
2.        Menjelang sore ayam di umbar tapi jangan sampai kipu.
3.        Menjelang malam biasanya saya memberikan vitamin pharmaton.

Persiapan Turun Glanggang

1.      Cek kondisi ayam apakah benar-benar sehat dan merah pada bagian muka, dada, paha, sampai ke sela2 sisik jari2 kaki.
2.       Sebelum akan berangkat berikan ayam sarapan + gula merah sedikit.
3.       Sampai di tempat arena pintar2lah memilih tanding.

Mohon maaf bilamana ada kesalahan-kesalahan dari penulisan ini, karena saya juga masih harus banyak belajar tentang merawat ayam aduan. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PERSIAPAN AYAM BANGKOK SEBELUM TURUN GLANGGANG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel