CARA MERAWAT ANAK AYAM BANGKOK AGAR CEPAT BESAR


Ada beberapa cara merawat anak ayam bangkok agar cepat besar, anak ayam bangkok yang bagus dapat di peroleh dari indukan ayam bangkok juara. Perawatan dari masa kecil menjadi salah satu kunci penting untuk menentukan kualitas ayam nantinya. Berikut akan saya sharing tentang tips dalam merawat anak ayam bangkok agar cepat besar dan berkualitas.

Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar 

https://bangkoklampung.blogspot.com/
 
Dalam perawatan anak ayam bangkok yang selama ini kita lakukan tidak pernah lepas dari lima aspek utama budidaya. Kelima aspek tersebut iyalah Kandang, Pakan, Suplemen, Cabut bulu dan juga Pemeliharaan khusus dalam kandang.

1.) Kandang Anak Ayam Bangkok

Dalam hal yang utama perlu kita perhatikan bahwa dalam perawatan anak ayam bangkok yang baru lahir adalah dalam masalah kandang. Anak ayam yang baru lahir pada usia 3 hari, umumnya masih dalam kondisi mudah akan kematian. Perawatan pada waktu tersebut harus di lakukan secara matang untuk mencegah kematian dan kerugian. Adapun hal terpenting di dalam perawatan anak ayam bangkok yang baru lahir iyalah dengan menjaga suhu di dalam kandang agar tetap hangat. Jangan sampai anak ayam kekurangan asupan suhu yang hangat, apabila cuaca dingin anak ayam akan mudah terkena penyakit ataupun mati, buatlah agar anak ayam bangkok tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungannya.
Agar kita bisa menjaga suhu kandang secara alami dapat di lakukan melalui induk ayam. Oleh sebab itu, sobat dapat menempatkan induk babon ayam dengan anak ayam yang baru lahir. sobat juga dapat menggunakan lampu bulat untuk menjaga suhu di dalam kandang bersama anak ayam tersebut. Dalam mengatur suhu menggunakan lampu bohlam untuk ukuran kandang bok/kotak, sebaiknya gunakan lampu bulat/boklam 5 watt saja.
Selain mengatur suhu faktor lain dalam kandang yang perlu di perhatikan iyalah sirkulasi udara di dalam kandang. Kandang anak ayam yang baru lahir sebaiknya memiliki rongga udara yang lebih rapat untuk mencegah aliran udara masuk berlebihan. Aliran udara yang secara berlebihan dapat mengakibatkan anak ayam mati karena terkena bibit penyakit.


2.) Pakan Ayam
Hal berikutnya yang harus di perhatikan iyalah masalah pakan ayam, para botoh ayam beranggapan bahwa pada usia 1-2 hari anak ayam cukup di beri air saja. Karena kebutuhan nutrisi pada anak ayam masih dapat dipenuhi oleh kuning telur yang menempel pada bulu-bulunya. Lewat dari usia tersebut pakan berupa pur dapat di berikan dalam jumlah secukupnya. Adapun untuk menghemat pengeluaran kita, pakan pur bisa di campur dengan bekatul/dedak halus dengan perbandingan 4:1.
3.) Vitamin dan Suplemen Tambahan Pada Ayam
https://bangkoklampung.blogspot.com/

Vita Chicks merupakan Vitamin anti biotic yang mempunyai fungsi untuk mempercepat pertumbuhan ayam, mencegah kekurangan vitamin pada anak ayam, mengatasi stress pada ayam, serta mengurangi kematian pada anak ayam. Setelah menginjak usi kurang lebih 1 bulan, anak ayam bangkok dapat di beri pakan dengan komposisi yang berbeda. Para peternak ayam bangkok aduan umumnya menggunakan campuran pakan berupa pur dan susu bubuk bayi dengan perbandingan 5:1. Susu bubuk yg di berikan pada anak ayam bangkok berpengaruh besar dalam membentuk tulang, otot, dan bagian tubuh lainnya. 


4.) Mencabut Bulu

https://bangkoklampung.blogspot.com/


Bulu yg tumbuh pada anak ayam bangkok dapat menghabiskan porsi gizi dari makanan yang di konsumsinya. Oleh karena itu, jika anda ingin anak ayam bangkok bertumbuh besar dengan cepat, potong dan buanglah sebagian dari bulunya. Bagian bulu yg harus di potong pada usia anak ayam tiga minggu iyalah pada bagian sayap dan ekor.
Adapun pada saat usianya sudah mencapai dua bulan, setelah bulu punggung dan bulu leher mulai rontok, bulu-bulu yang tersisa haruslah segera di buang juga, terutama pada bagian dada dan pahanya. Dalam pencabutan bulu ini, selain dapat mengoptimalkan serapan gizi untuk pertumbuhannya, juga di anggap sangat penting karena dapat mempertebal kulit ayam di bagian tubuh yang bulunya di buang.

5.) Perawatan Intensif

Dalam perawatan anak ayam bangkok aduan pada usia enam bulan atau sampai bulu rawis dan leher barunya tumbuh, lebihbaik cukup di dalam kandang saja. Karena hal tersebut dilakukan untuk menghindari hilangnya energi ayam karena terlalu banyak bermain. Energi pada ayam yang seharusnya di gunakan untuk pertumbuhannya akan hilang bila ayam terlalu sering bermain. Oleh sebab itu jika ingin bermain, berilah waktu kurang lebih dari 30 menit setiap harinya.

Demikian beberapa Tips mengenai Cara merawat Anak ayam bangkok agar cepat besar dari saya cobalah untuk di terapkan bagi para pemula, semoga dapat memberikan hasil yang maksimal. Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MERAWAT ANAK AYAM BANGKOK AGAR CEPAT BESAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel