AYAM BIRMA ADUAN DAN KEHEBATANNYA

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan artikel mengenai kelebihan dan keunggulan ayam Bangkok birma, di mana ayam jenis ini mulai dilirik dan populer di kalangan ayam aduan. Ayam aduan Birma tergolong baru di masyarakat Indonesia khususnya di daerah saya, ayam birma mulai berkembang sekitar tahun 1998. Salah satu orang yang pertama penyeleksi ayam Birma bernama Alex dari Surabaya, menurut informasi yang kami terima, alex sudah kembali ke negaranya di Thailand.


AYAM BIRMA ADUAN DAN KEHEBATANNYA

Perkembangan ayam bangkok birma sekarang ini mulai terlihat titik terangnya setelah banyak penggemar yg mengetahui kelebihan dari ayam birma. Dan saat ini ayam aduan mulai beralih ke ayam bangkok birma atau hasil persilangan dengan indukan birma. Dilingkungan saya pemuda2 penghobi ayam Bangkok mulai menyilangkan antara indukan birma dengan pejantan bangkok biasa/saigon..Ayam bangkok aduan birma sudah mulai populer di kalangan penggemar ayam aduan dikarenakan ayam birma ini memiliki banyak kelebihan yg tidak dimiliki ayam lain (Bangkok/Saigon). Adapun kelebihan ayam Birma adalah sebagai berikut.
  • Tidak mau bertarung dengan jarak dekat, Saat lawan melancarkan serangan ayam Birma mendahului memukul lawan.
  • Gerakannya sangat dinamis, mundur sambil meluncurkan pukulan, bergeser ke kanan ke kiri sambil memukul lawan, lari berputar sambil kembali menghantam lawannya.
  • Pukulannya sangat akurat dan tepat di sekitar kepala, mata, dan paruh.
  • Teknik awal yg dimiliki ayam birma iyalah teknik nyawat dan meranggal..Bagi ayam birma yang telah bertaji, teknik ini sangat membahayakan lawan karena sasaran teknik ini adalah area kepala, mata dan paruh.

Ayam aduan Birma akan menampakan kemampuan yang sebenarnya di gelanggang pertarungan setelah ngorak (ganti bulu).Tetapi, karena postur tubuhnya yg kecil, para penggemar ayam aduan birma sering menyilangkan dengan ayam Saigon/Vietnam dgn ayam bangkok, atau dengan ayam brasil. Tujuannya adalah agar anak yang di hasilkan memiliki ukuran badan yang lebih ideal. Jika menggal lebih dalam lagi mengenai ciri2 ayam birma asli, kamu dapat menyimak informasi jelasnya dibawah ini;

  1. Tulang ayam birma - faktor tulangan dalam peraduan ayam merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan, karena hal tersebut dapat menentukan ketangguhan dan kekokohan ayam itu sendiri dalam bertarung. Semakin tebal tulangan ayam tersebut, maka akan semakin tangguh/kuat dalam bertarung. Namun berbeda dengan ayam birma, kriteria ayam birma terbilang kurang ideal untuk memenuhi kriteria ayam petarung biasanya, dikarenakan tulangan ayam birma relatif tipis dan kurang kokoh dalam menahan pukulan lawan tarungnya. Tulang ayam birma hampir mirip dengan ayam kampung biasa bahkan bulu dan perawakannya pun sama, namun yang membedakan yaitu dari gaya bertarung dan mental keberaniannya yang tidak mudah menyerah. 
  2. Gaya tarung yang khas - gaya bertarung juga merupakan faktor penting dalam dunia pertarungan ayam selain dari tulangan dan mental...Ayam birma asli merupakan salah satu ayam yg memiliki gaya bertarung yg khas dan memiliki tehnik yang cukup baik dikelas ayam petarung, gaya bertarung ayam ini kalau menurut orang jawa nyawat atau meranggal dengan pukulan tajinya yang sangat kuat dan akurat.

Berbeda halnya dgn jenis ayam birma silangan,walaupun ayam birma asli disilangkan dgn ayam bangkok Saigon dan ayam aduan lain maka akan melahirkan ayam yang hanya memiliki tehnik namun akurasi serangan dan juga kekerasan pukulannya akan sangat jauh berbeda.

Jika dilihat dari ciri khas bertarung ayam birma sangat berbeda dengan jenis ayam petarung lainnya, ayam birma memiliki tehnik anti kunci atau tidak dapat dikunci oleh lawannya..Hal ini dikarenakan,ayam birma asli selalu menjaga jaraknya dgn lawan dan saat bertarung sering melancarkan serangan pada bagian telinga dan wajah dengan tajinya…Maka tak heran jika ayam birma asli dapat memenangkan petarungan dengan cepat,sehingga ayam ini banyak dicari oleh pecinta ayam petarung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "AYAM BIRMA ADUAN DAN KEHEBATANNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel