JENIS PENYAKIT AYAM BANGKOK DAN SOLUSINYA

AYAM LUMPUH - Ayam lumpuh tapi sekarang sudah agak mendingan, namun belum normal jalannya cara mengobatinya dengan daun wiyono dan kapur sirih atau daun kemangi + ragi tape campur lalu dilumuri pada kaki Ayam. Kalau menggunakan obat, gunakan linucid di apotek ,kepar (lepas) Ayam (pagi&sore). Dicoba dengan menggosokkan minyak tawon yang asli buatan Ujung pandang (yang biasa dijual di toko-toko) setiap sore sebelum dikandangkan. sekitar 1 minggu akan kelihatan hasilnya bila penyebabnya karena salah urat. Apabila di sendi antara kaki dan paha ada seperti luka, coba dikasih minyak tanah pada tempat tersebut, untuk mematikan kuman penyebab kelumpuhan atau dengan air godokan serai juga bisa.


SAKIT MATA - Ayam bangkok saya matanya kalau pagi selalu ada beleknya, dan kalau siang sering dipejamkan. Coba anda amati mata Ayam bangkok tersebut kemungkinan ada cacing mata wujudnya seperti rambut tetapi warnanya putih agak bening, jika memang ada cacing matanya tetesi dengan tembakau maka cacingnya akan keluar. Jika tidak ada cacing coba tetesi dengan air Daun Katuk setiap hari sebelum ayam tidur, selama tiga hari. Daun katuk di hancurkan dan diperas hingga keluar airnya lalu di teteskan ke mata Ayam, rasanya akan perih atau boleh juga pakai air daun sirih ya sobat.




BEBERAPA JENIS PENYAKIT DAN SOLUSINYA

KURAP/KUDIS - Jika Ayam bangkok kesenangan anda terkena bercak putih pada wajahnya itu berarti Ayam anda terkena kurap (jamur). Cara mengobatinya mandikan dengan air rebus daun sirih kemudian keringkan setelah itu oleskan obat salep kulit pada bagian yang terkena bercak putih atau kurap. Selama pengobatan jangan di mandikan lagi dan kontrol setiap hari jika terdapat bercak/jamur baru dioles pada bagian tersebut. Selamat mencoba dan tolong info kembali setelah 2 minggu, atau Pakailah saleb Albert T atau Nosip, dioles sehari dua kali, tipis aja, cukup 2 hari, seterusnya jangan kena air (jangan dimandikan), hari ke-5, cucilah atau dilap pakai kain yang dibasahi minyak goreng yang dicampur bubuk tetra chlor, Jangan terlalu basah ya sobat mudah-mudahan dalam 5 hari kemudian bulu baru sudah mulai tumbuh. Dalam 10 hari jangan sekali-kali kena air, ayam bangkok tetap dijemur. Ini Fakta saya, bukan sekedar teori belaka ya sobat. Ada yang lupa sobat, sebelum diolesi salep dan dibagian kurap/jamur bulunya dicabuti semua, agar kulit terbuka satkena sinar matahari. Tidak boleh memakai saleb kulit yang berbahan/mengandung air, seperti canesten, daktarin, mikoral. Karena justru membikin subur kurap, karena mengandung air. Gunakan yang berbahan veselin / minyak, seperti Albert, Nosip, 88 dan cap Anak Anjing. Oleskan tipis pada bagian kurap, kalau terlalu tebal kulit kebiru-biruan akan gosong/terbakar. kalok resep botoh tua pake perasan pare, minyak goreng bekas, garam, betametason/antibiotik digerus campur sama bahan(,panaskan bentar di kuali) oleskan. kulit.

BERAK KAPUR - Ayam bangkok yang Berak Kapur masih bisa di selamatkan dengan memberi anti biotik dan makan buah seperti pisang, tomat, pepaya atau buah-buahan yang banyak mengandung air.

INFLUENSA - Ayam bangkok yang mengalami influensa diberikan anti biotik dan minumnya di takar setiap harinya.

MATA BERAIR - Ayam bangkok yang mengalami mata berair, matanya diberi tetesan daun katuk atau jeruk nipis.

MATANYA ADA CACING - Jika Ayam bangkok sobat matanya ada cacingnya maka langkah yang harus kita lakukan adalah ambil tembakau dan air secukupnya, tetisi mata ayam bangkok dengan pelan-pelan hingga cacing benar-benar mati.

CACINGAN - Ayam bangkok yang cacingan atau tidak bisa gemuk diberi pinang muda yang sudah di bagi 3 lalu di celup di di minyak goreng dingin dan di makankan ke Ayambangkok tersebut selama kurang lebih 1 minggu.

GANGGUAN TEMBOLOK - Ayam bangkok yang mengalami gangguan tembolok jika baru satu malam maka di berikan minum yang banyak dengan cara di Ganukkan/diloloh air kemulutnya dan jangan lupa dikasih tomat untuk menjaga cairan tetap setabil.

KELUMPUHAN - Ayam bangkok yang mengalami kelumpuhan harus di jemur pada pagi hari selama 1 jam setiap harinya dan lututnya di kompres air hangat sebelum di jemur setiap hari hingga berdiri kembali, air kompresan harus di campur Serai 5 batang atau secukupnya.

SARIAWAN - Jika Ayam bangkok terkena Sariawan harus kita berikan untuk ayam tersebut ialah Vitamin B IPI dan air minum ditempat yang lebar.

NGOROK - Salam kenal juga Gan didik, maaf baru buka internet lagi karena sibuk, kalau saya Ayam ngorok dikasih jeruk nipis diperas ke asam gunung diaduk2 terus asam gunung diperas ke mulut Ayam pagi dan sore mudahan sembuh

FLU BURUNG - Jika ayam bangkok terkena fluburung segera di musnahkan/di bakar karena penularannya virus tersebut sangat cepat dan bisa menular pada manusia.

Itulah tadi beberapa artikel tentang jenis penyakit ayam bangkok  yang sering kita jumpai di lingkungan kita, semoga artikel ini bisa membantu para sedulur pecinta ayam bangkok.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JENIS PENYAKIT AYAM BANGKOK DAN SOLUSINYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel