GAYA AYAM BANGKOK PETARUNG


Ayam bangkok (petarung), terutama ayam yang memiliki ragam teknik bertarung dan bervariasi jenisnya. Seorang botoh ayam tidak bisa mengubah teknik bertarung ayamnya karna (akut) bawaan ayam sendiri. Yang bisa dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh, memperpanjang nafas, membuat tulang pada ayam semakin kokoh dan mengeraskan pukulan pada ayam.
GAYA JAGO AYAM BANGKOK PETARUNG

Adapun beberapa ragam teknik tarung ayam bangkok antara lain:

KONTROL
Teknik kontrol pada ayam bangkok yaitu teknik bertarung yang paling polos. Ayam cenderung tidak berusaha mencari peluang alternatif untuk memukul lawan yang ada di depannya, tetapi hanya berusaha agar posisi kepala tegak di atas kepala lawannya, mematuk serta melepaskan pukulan. Kelebihan teknik ini yaitu lebih hemat energi dan tenaga sehingga nafas bisa bertahan lebih lama.

SOLAH
Teknik solah ini adalah teknik yang paling liar dan paling memakan energi bagi ayam petarung. Ayam bangkok tipe solah akan terus bergerak dengan bervariasy. Dia seolah hendak melakukan satu teknik ngalung, tapi tidak bersungguh dan lama, segera mengubah gerakan dari kiri ke kanan dan sebaliknya lalu segera disusul dengan gerakan atau percobaan pukulan lain.

PRANGGAL (MERANGGAL)
Ayam seperti ini memiliki pukulan tanpa mematuk lawannya. Teknik pranggal memiliki kelebihan dibanding dengan teknik lain karena pukulan bisa dilepaskan dengan seketika tanpa perlu sebuah ‘pegangan’ seperti teknik lain. Dalam teknik lain, ayam harus mematuk, lalu memukul dengan kedua kaki.

NGALUNG
Ayam ngalung umumnya memiliki urat leher yang bagus serta struktur tulang leher yang rapat. Tanpa memukulpun ayam ngalung bisa membuat lawan frustasi.

NGGANDUL
Teknik ayam seperti ini mirip dengan teknik ngalung tetapi gerakan leher lebih menumpang sehingga lawan juga akan menanggung beban karena ‘ditumpangi’.

NYAYAP
Teknik ayam seperti ini iyalah kepala masuk ke sayap lawan, keluar dari ketiak dan setelah posisi memungkinkan akan melepaskan pukulan ke arah kepalanya. Selain pukulan ke kepala, juga akan menyakiti bahu dan sayap lawan karena dipaksa untuk merenggang dari badan.

DONGKRAK
Teknik ayam xongkrak melakukan dengan masuk di antara kaki lawan, ambil nafas dan mencari posisi, lalu dengan sekuat tenaga berusaha muncul dari arah ekor lawan sehingga badan lawan akan terangkat (didongkrak). Ketika lawan sedang berusaha menguasai keseimbangan, maka lawan dapat dipukul pada berbagai sasaran dari arah belakang.

DOBRAK
Teknik ayam yang seperti ini lumayan langka, ayam biasanya akan masuk di antara kedua kaki lawan lalu mematuk paha dan memukul badan. Serangan ini sulit dihindari dan biasanya lawan akan kesakitan serta sulit membalas karena posisi musuh selalu di bawah.
Dikota-kota lain mungkin teknik ini bisa berbeda-beda. Secara umum, seekor ayam petarung akan memiliki salah satu teknik dominan sejak lahir. Satu atau dua teknik yang lain mungkin untuk dimiliki sebagai kelebihan tapi sangat mustahil bagi seekor ayam untuk memiliki semua teknik bertarung.

Semoga bermanfaat ya sobat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "GAYA AYAM BANGKOK PETARUNG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel