MENINGKATKAN STAMINA PADA AYAM BANGKOK

Meningkatkan stamina ayam perlu ditingkatkan agar ayam dapat terhindar dari penyakit. Sebelum diadu, biasanya stamina ayam aduan harus dijaga bahkan ditingkatkan lagi. Adapun jamu untuk meningkatkan stamina ayam aduan iyalah larutan gula merah dicampur asam jawa secukupnya. Jamu ini diminumkan sebelum ayam diadu. Untuk ayam konsumsi, sebaiknya jamu ini diberikan bila cuaca hujan.

Sedangkan untuk mengembalikan stamina ayam aduan, ayam yang baru selesai diadu biasanya staminanya akan menurun drastis. Bila tidak segera ditangani, ayam akan mengalami stress dan dapat terserang penyakit. Untuk memulihkan stamina pada ayam tersebut iayalah madu secukupnya dicampur kuning telor itik 1 butir lalu di minumkan atau menggunakan sepet dari suntikan. Beberapa jamu yang dapat diberikan sebagai berikut :
  • Bawang putih 2 siung dilumatkan dan dicampur nasi hangat 1 sendok makan. Jamu ini di lolohkan untuk satu ekor pejantan dan pemberiannya setiap 4 hari sekali.
  • Jahe segar 2 potong sebesar ibu jari diparut dan diperas airnya.Air jahe ini dicampur sebutir kuning telor itik/bebek dan diberikan setiap seminggu sekali untuk seekor pejantan.
  • Tepung beras 2 gelas di campur dengan kencur parut 1 gelas lalu di dibuat/bentuk menjadi butiran pil sebesar jagung. Selanjutnya pil ini dijemur sampai kering, pemberiannya sebanyak 5 pil/minggu untuk setiap ekor ayam pejantan.
  • Lada 100g di sangrai seperti kopi sampai kering, lalu di tumbuk hingga menjadi bubuk halus. Bubuk lada ini di campur dengan kencur parut 0,5 kg, kuning telor itik 4 butir dan madu 1 sendok makan hingga terbentuk adonan kental. Adonan dibentuk butiran sebesar jari kelingking dan dijemur sampai kering. Untuk pemberiannya jamu ini diberikan sehari sebelum ayam digunakan sebagai pejantan.
  • Jahe segar satu ruas jari di parut dan airnya di peras. Air jahe di campur dengan bubur nasi satu sendok makan lalu disuapkan ke ayam pejantan. Untuk pemberiannya cukup seminggu sekali.
https://bangkoklampung.blogspot.com

  1. Meningkatkan kualitas telor berkualitas dapat dilihat dari warna kuning telornya kuning cerah atau kemerahan. Agar kuning telor menjadi kemerahan ayam yang sedang aktif bertelor dapat diberikan rumput azolla sebagai tambahan bahan pakan. Perbandingan pakan dan rumput azolla 4:1. Rumput azolla merupakan sejenis tanaman paku air yang mengandung asam aminoesensial. Asam amino esensial ini sangat dibutuhkan oleh tubuh ayam.
  2. Meningkatkan nafsu makan ayam kurang sehat akan turun nafsu makannya. Untuk meningkatkan nafsu makan, ayam tersebut dapat diberikan salah satu dari beberapa ramuan berikut. 
a.) Bawang putih 3-4 iris di campur dalam pakan, ramuan ini diberikan untuk 10 ekor ayam dewasa setiap pagi.  
b.)  Bubuk jahe 10 g di campur dalam pakan dan diberikan setiap pagi dosis ramuan ini untuk 10 ekor ayam dewasa.
c.) Jahe segar 2 ibu jari di parut dan diperas, air perasannya dicampur kuning telor itik 1butir. Dosis ramuan ini untuk seekor ayam dewasa dan diberikan setiap Minggu, Selain meningkatkan nafsu makan, pemberian pada pejantan akan meningkatkan nafsu kawain.

Semoga tips perawatan ayam aduan ini bermanfaat untuk anda dan jangan terburu-buru di adu, dalam pearawatannya dan kita harus sedikit bersabar dalam masa pearawatannya dan bisa memberikan hasil seperti yang kita inginkan. Selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENINGKATKAN STAMINA PADA AYAM BANGKOK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel